Jumat, 13 April 2018

5 GUNUNG MERAPI MENGERIKAN DI DUNIA 2 DIANTARANYA ADA DI INDONESIA

TaipanQQ - Gunung berapi tidaklah asing bagi orang Indonesia. Indonesia memang satu negara yang mempunyai banyak gunung berapi paling berbahaya di dunia. Meski berbahaya, beberapa gunung dijadikan tempat pendakian para traveler. Pendakian di Indonesia cukup ramai dan digemari oleh para pecinta alam.


Dibalik ganasnya gunung berapi memang terselip keindahan dunia yang sangat langka. Beruntung Indonesia memiliki banyak gunung indah meski sangat berbahaya. Ada beberapa gunung yang disebut paling berbahaya di dunia. Gunung ini disebut gunung paling berbahaya di dunia karena jumlah korban letusannya sangat banyak. Berikut lima gunung paling berbahaya di dunia.

5 Gunung Pelée, Martinique


Gunung Pelée adalah gunung berapi komposit yang terletak di ujung utara Martinique. Saat ini gunung ini tidak dianggap sebagai gunung aktif Meski begitu aktivitas seismik di tempat ini patut di waspadai. 

Gunung ini pernah membuat satu kota hancur yaitu kota Saint-Pierre. Seluruh kota hancur yang menewaskan 30.000 orang karena gas panas yang bergerak cepat dari materi vulkanik.

4. Michoacan-Guanajuato, Meksiko


Hanya dilihat sekilas kamu bisa langsung melihat Michoacan-Guanajuato sangat berbahaya. Letusan pada tahun 1943 dan 1952 menyebabkan desa disekitarnya luluh lantah.

3. Iwo Jima, Jepang


Iwo Jima terletak di Samudera Pasifik dan berada di kepulauan vulkanik di Jepang. Para ahli gunung berapi melakukan penelitian tentang gunung berapi Iwo Jima dan telah meramalkan bahwa kehancuran Jepang Selatan sangat dekat.

2. Gunung Krakatau, Indonesia


Krakatao terletak di antara pulau Jawa dan Sumatra di wilayah Indonesia. Letusan besar-besaran yang terjadi pada tahun 1883 masih tak terlupakan di antara orang-orang yang tinggal di sekitar. Efek eksplosif dari gunung berapi dianggap 13.000 kali terhadap suara hasil nuklir bom Little Boy. Little Boy adlaah bom yang digunakan untuk menghancurkan kota Hiroshima di Jepang pada perang dunia II.

1. Gunung Tambora, Indonesia


Gunung Tambora adalah gunung berapi komposit, yang sejauh ini dianggap sebagai gunung berapi paling berbahaya dalam sejarah dalam hal jumlah korban tewas. Ledakan mengerikan Gunung Tambira terjadi pada tahun 1815.

Ledakan yang begitu mengerikan untuk didengar sejauh 2.000 kilometer. Letusan gunung berapi itu menewaskan sekitar 71.000 orang dari mana 12.000 orang langsung terbunuh. Sungguh sangat mengerikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar